30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.222.007

Sosialisasikan Perda Pemberian Insentif & Kemudahan Penanaman Modal, DPMPTSP Ajak Investor ke Bantul



DPMPTSP Bantul telah menggelar Sosialisasi Perda Kabupaten Bantul No. 1 Th. 2021 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal di Kabupaten Bantul dan Perbup No. 90 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Kab. No. 1 Th. 2021, sebagai upaya mewujudkan komitmen semua instansi/OPD terkait untuk mendukung pelaksanaan Perda dan Perpub, sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Bantul kepada masyarakat investor pada khususnya dan kepada masyarakat Bantul pada umumnya.


Peserta adalah sejumlah perusahaan, pelaku usaha industri, perhotelan, asosiasi, perguruan tinggi di Kabupaten Bantul, serta PHRI, KADIN, HIPMI, DPD REI, Perhimpunan Wanita Wirausaha, dan Dinas PUPKP.

 


Kepala DPMPTSP Bantul, Dra. Annihayah, M. Eng., menyampaikan bahwa pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal bertujuan
•untuk meningkatkan investasi dan kemudahan usaha;
•untuk mendukung pertumbuhan ekonomi;
•untuk mendorong peran serta masyarakat dan sektor swasta dalam pembangunan daerah.

Adapun Perda Kab. No. 1 Tahun 2021 tersebut mengacu pada hasil Kajian Kemudahan Berusaha/Naskah Akademik dalam Pembahasan Perda dimaksud.


Wiwid Ardhianto, SE., MSc., Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Muda DPMPTSP DIY, mengupas permasalahan dan rencana aksinya dalam implementasi Perda insentif di DIY serta contoh fasilitasi bagi pelaku usaha, penyusunan, dan promosi berbasis IPRO (Investment Project Ready to Offer).


Siti Nurhidayati, SH., Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Muda Bag. Hukum Setda Bantul, mengulas isi Perda dan Perbup, terutama pada bentuk pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal yang diberikan oleh Pemkab Bantul.


Ahmad Ma'ruf, SE., MSi., akademisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menyoroti efektivitas fasilitasi insentif dan kemudahan penanaman modal, dilihat dari perkembangan nilai investasi dan perkembangan jumlah izin usaha yang dikeluarkan.

Selengkapnya Perda dan Perbup ini dapat dibaca di :

  • Perda Bantul No. 1 tahun 2021 : 

https://jdih.bantulkab.go.id/produkhukum/detail/3861/peraturan-daerah-tahun-2021-nomor-1.html

  • Perbup Bantul No. 90 tahun 2022 : 

https://ttps://jdih.bantulkab.go.id/produkhukum/detail/4757/peraturan-bupati-tahun-2022-nomor-90.html


~pm
 





Komentar Pengunjung