30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.016.186

Cermati dulu kode KBLI sebelum mendaftarkan NIB


Bisnis anda belum punya izin usaha? Atau sedang dalam proses membuat izin usaha? Nah..jangan lupakan salah satu syaratnya, yaitu memilih kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) yang sesuai dengan bidang usaha, saat mendaftar di sistem OSS. Pahami dan cermati setiap penjelasan dari kodenya supaya izin usaha yang diajukan tidak ditolak.

KBLI merupakan pengklasifikasian aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk/output, baik berupa barang maupun jasa, berdasarkan lapangan usaha untuk memberikan keseragaman konsep, definisi,dan klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi di Indonesia.

Selain untuk menentukan izin usaha yang diperlukan, kode KBLI juga digunakan untuk menetapkan tipe proses bisnis dalam pengajuan izin usaha. Maka harus digunakan kode KBLI yang sesuai dengan bidang usaha.

 

Tujuan KBLI :

  1. Penyeragaman pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data statistik sesuai dengan kegiatan ekonomi
  2. Untuk mempelajari keadaan atau perilaku ekonomi menurut kegiatan ekonomi

 

Tips memilih KBLI yang sesuai :

  • Pahami dan sesuaikan sektor atau kategori utama usaha yang digeluti, masuk dalam sektor apa. Tentukan pula sektor turunannya (sektor pendukung).
  • Baca dan cermati uraian KBLI yang dipilih. Usahakan untuk mengetik kata kunci yang spesifik terkait kegiatan usaha yang akan dijalani. Cermati dan teliti juga uraian KBLI-nya karena sering muncul beberapa KBLI sejenis.
  • Konsultasikan juga dengan ahlinya. Jika masih bingung memilih anda dapat datang ke MPP Bantul untuk kami pandu.

 

KBLI dapat dilihat di : https://oss.go.id/informasi/kbli-berbasis-risiko

Sumber : instagram @ditjenikma

 





Komentar Pengunjung