30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.056.350

Rapat Tinjauan Manajemen : Meninjau Hasil Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015


Bertempat di Puncak Becici, Gunungcilik, Muntuk, Kap. Dlingo pada Sabtu (15/10), DPMPTSP Bantul menggelar Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) untuk meninjau hasil implementasi Sistem Manajemen Mutu di hadapan Top Manager, sebagai bagian dari pelaksanaan standar manajemen mutu ISO 9001:2015 yang akan diaudit secara eksternal nantinya.


RTM dipimpin oleh Kepala DPMPTSP, Dra. Annihayah, M.Eng. selaku Top Manager, dihadiri Drs. Qomarudin, M.Kes. bersama Tim Gama Solution selaku konsultan pendamping ISO 9001:2015, Kusnanto, S.Si. dari Bagian Organisasi Setda Bantul, serta pegawai DPMPTSP. RTM berupa pemaparan oleh tiap tim dengan saran dan rekomendasi dari Top Manager serta masukan konsultan pendamping.


Paparan Sasaran Mutu oleh Manager Representative, Y. Arianto, SE., MP. Kemudian materi Tim Manajemen Risiko dipresentasikan oleh Medi Nugroho (Tenaga Pelayanan Umum). Tim Manajemen Komplain diwakili oleh Iskhal Khumaidi, SIP. (Subkoordinator Kelompok Substansi Pelayanan Non Perizinan). Laporan Tim Survei diuraikan oleh Wahyu Mareta RP (Pendamping Fasilitasi Penanaman Modal). Sedangkan paparan Tim Audit Internal dijelaskan oleh Eka Purnama S., SE. (Pranata Komputer Pelaksana Lanjutan).


Menanggapi adanya temuan dalam audit internal, Top Manager mengajak untuk segera menyelesaikan permasalahan sebelum waktunya untuk diaudit eksternal. Dari hasil survei kepuasan dengan masih rendahnya tingkat kepuasan terhadap waktu pelayanan, maka perlunya berkoordinasi dengan OPD teknis terkait, agar durasi pelayanan izin tidak memakan waktu terlalu lama. Beliau juga mengharapkan masukan dari konsultan pendamping sehingga implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 ini dapat sesuai jalur.


Tim pendamping Gama Solution menyarankan agar dalam RTM yang akan datang dapat turut menghadirkan Sekretaris Daerah dan OPD teknis terkait agar dapat memahami bersama implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 di DPMPTSP dan memberikan dukungan dengan sarana prasarana yang mungkin diperlukan. Untuk rekomendasi Kepala Dinas dapat pula disampaikan lintas sektor.


Sementara itu dari Bagian Organisasi Setda, menyatakan sokongan dan keberpihakannya atas pelaksanaan penerapan standar mutu ISO 9001:2015, mengingat DPMPTSP menjadi salah satu garda terdepan dalam pelayanan publik di lingkungan Pemda Bantul. Diharapkan pula implementasi ISO 9001 : 2015 ini dapat direplikasi oleh OPD lainnya.

~prima
 





Komentar Pengunjung