30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.062.990

Sosialisasi OSS RBA



Pusdiklat BKPM menyelenggarakan Sosialisasi OSS RBA secara Online, khusus Aparatur DPMPTSP/Dinas Kab/Kota, terkait Perizinan Berusaha sebanyak 6 angkatan pada Maret ini. DPMPT Kabupaten Bantul telah mengikuti angkatan ketiga pada Senin ini (15/03).


Pemerintah berkomitmen untuk mempercepat integrasi layanan perizinan, baik di Pusat maupun daerah agar menjadi lebih sederhana, cepat, dan murah. Adanya RUU Cipta Kerja mendorong semangat penyederhanaan izin melalui penetapan KBLI dan tingkat risiko (Risk-Based Approach/RBA) sebagai basis dalam penetapan izin. Penerapan perizinan berusaha berbasis risiko mengubah pendekatan kegiatan berusaha dari berbasis izin ke berbasis risiko.
Semakin tinggi potensi risiko yang dilakukan maka pengawasan akan semakin ketat serta semakin banyak jenis perizinan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk kegiatan berisiko rendah, perizinan dan inspeksi umumnya tidak diperlukan. Dengan adanya pendekatan ini, fokus pemerintah lebih pada kegiatan usaha yang memiliki potensi risiko sangat besar terhadap berbagai aspek.


Melalui perubahan dalam integrasi layanan perizinan, diharapkan dapat menarik minat investor menanamkan modalnya. Sehingga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang berdampak terbukanya kesempatan kerja dan berkurangnya tingkat pengangguran. (pm/berbagai sumber)
 





Komentar Pengunjung