DPMPT Meraih Predikat Sangat Baik sebagai Salah Satu Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik


Sebagaimana tahun-tahun yang lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah menggelar Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III di The Opus Grand Ballroom Jakarta Selatan. Selasa (5/11). Termasuk wilayah III adalah Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, dan D.I Yogyakarta. Lokus evaluasi pada wilayah III ini adalah 11 provinsi dan 67 kabupaten/kota.

Di tingkat provinsi, unit pelayanan yang dievaluasi adalah DPMPTSP, RSUD Provinsi, dan SAMSAT. Sedangkan di tingkat kabupaten/kota, unit yang dievaluasi melingkupi DPMPTSP, RSUD, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Deputi Bidang  Pelayanan Publik KemenPANRB, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. mengatakan, dengan perolehan predikat tersebut, unit pelayanan publik tidak boleh berpuas diri, masih perlu kerja keras dan komitmen masing-masing Pemda di wilayah III untuk menuju pelayanan publik yang prima.

Dari hasil evaluasi tersebut, ada beberapa hal yang perlu dicatat. Di antaranya adalah pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan khususnya penyusunan standar pelayanan. Kemudian, unit pelayanan juga harus mengelola pengaduan untuk perbaikan kualitas pelayanan publik dan pendokumentasian kegiatan yang dilakukan, serta harus melaksanaan survei kepuasan masyarakat dan menindaklanjuti survei,

Bupati Bantul, Drs. H Suharsono setelah menerima Piagam Penghargaan 

Instrumen yang digunakan untuk evaluasi mengacu pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Dalam peraturan itu, ada enam aspek yang dinilai, yakni profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Kepala Dinas PMPT, Ir. Sri Muryuwuwantini, MM., Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, dr. I Wayan Marthana WK, Sp.THT, M.Kes.
serta Kepala Dinas Dukcapil, Bambang Purwadi Nugroho,SH., MH.

Adapun Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menerima piagam penghargaan dari PANRB RI yang diserahkan langsung MenPANRB, Tjahjo Kumolo, SH. sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah pembina pelayanan publik sangat baik karena dinilai berhasil membina pelayanan publik di wilayah Kabupaten Bantul, sehingga tiga unit penyelenggara pelayanan publik yang dievaluasi meraih predikat A (pelayanan prima) yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan A- (sangat baik), yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, serta Rumah Sakit Umum Daerah. (pm/berbagai sumber)





Komentar Pengunjung