30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.007.279

Excellent Service, Pelayanan yang Prima untuk Kepuasan Pelanggan


 

Kabid Pelayanan dan Informasi, Setyawati, S.Psi. menyampaikan pengantar - Ir. Sri Muryuwantini, MM., Kepala DPMPT memberikan sambutan (foto : DPMPT Kab. Bantul)

Dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Bantul, khususnya bagi pemohon izin, Dinas Penamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. Bantul mengadakan Bimbingan Teknis bagi segenap pimpinan dan karyawannya pada Jumat (19/10). Bimtek yang dipandu oleh Dewi Sri Hidayati, SPd. dari  Citra Emas School of Management & Public Relations, lembaga / konsultan Management dan Public Relations.

Pada awal materinya, Ibu Dewi Sri mengharapkan karyawan dan pimpinan DPMPT mampu memahami Visi dan Misi instansi serta Tupoksi masing-masing agar dapat bekerja dengan baik dan bisa memberikan pelayanan prima. Dijelaskan pula bahwa bekerja itu tak hanya sekedar sarana untuk mencari uang saja namun juga untuk belajar, menabung pengalaman, keterampilan, pengetahuan dan sahabat.

Pribadi profesional seperti diterangkan Ibu Dewi, adalah pribadi yang memiliki / menunjukkan kemampuan dan keterampilan di bidang kerjanya, adapun unsurnya dilihat dari penampilan, sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dengan dibumbui sedikit candaan, semua peserta Bimtek dicontohkan bagaimana bersikap profesional itu.

Dewi Sri Hidayati, S.Pd. menerangkan tentang pelayanan terhadap customer (foto : DPMPT Kab. Bantul)

Dalam berkomunikasi agar bisa berjalan efektif hendaknya memperhatikan rasa hormat dan saling menghargai, dapat menempatkan pada situasi orang lain, memberikan pesan yang dapat diterima serta dimengerti dengan jelas dan terbuka, juga bisa bersikap rendah hati, mau menerima kritikan.

 

Antusiasme pimipinan dan karyawan DPMPT mengikuti penjelasan Excellent Service (foto : DPMPT Kab. Bantul)

Customer Service merupakan rangkaian kegiatan yang direncanakan untuk meningkatkan penghargaan kepada pelanggan/konsumen sehingga bisa menikmati manfaatnya. Sedangkan kepuasan merupakan tingkat perasaan pelanggan setelah membandingkan pelayanan yang dirasakan dengan harapannya, dikatakan Excellent jika dapat melebihi harapan. Diulas pula kiat untuk menghadapi pelanggan yang mengajukan keluhan / aduan atas pelayanan yang telah diberikan. (prima)





Komentar Pengunjung