30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.029.649

PEGAWAI DINAS PERIJINAN IKUTI BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS SDM


Penulis : Admin     Selasa,26 November 2013

Pelaksanaan Bimbingan Teknis dengan narasumber Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul

    Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme dalam mewujudkan Pelayanan Prima, Dinas Perijinan Kabupaten Bantul kembali menggelar Bimbingan Teknis yang diikuti oleh seluruh pegawai beserta anggota Tim Teknis dari Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait pada hari Sabtu dan Minggu (23-24 Nopember 2013) di Hotel Pakemsari, Pakem. Hadir mewakili Bupati Bantul, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Riyantono, MSi secara resmi membuka kegiatan tersebut.

   Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Bantul, Bupati Bantul berpesan bahwa Dinas Perijinan berperan strategis dalam membentuk citra Kabupaten Bantul terutama kaitannya dengan tugasnya sebagai ‘Front Office” dalam melayani masyarakat, khususnya dunia usaha. Dengan kata lain, semakin berkinerja baik yaitu menerapkan prinsip-prinsip efisien, efektif, akuntabel, dan transparan, maka akan semakin banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di Kabupaten Bantul.

   Selain membuka acara, Sekda Kabupaten Bantul Drs. Riyantono, MSi juga menjadi salah satu narasumber yang menyampaikan materi Bimtek dengan Judul “Peran Perijinan dalam Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi Daerah”. Dalam paparannya Riyantono mengemukakan pemerintah memiliki fungsi pelayanan masyarakat, fungsi pembangunan, dan fungsi perlindungan. Dinas Perijinan berperan dalam fungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam memberikan kepastian legal formal bagi masyarakat dalam berinvestasi. Fungsi legal formal ini memberikan kepastian dan ketenangan bagi para investor mengingat birokrasi perijinan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap investasi dalam perekonomian daerah. “Untuk membuat Dinas Perijinan memiliki kapasitas atau powerfull dalam melaksanakan fungsinya maka perlu dipersiapkan segala sesuatunya baik dari segi regulasi, SDM, sarana prasarana, maupun secara kelembagaan, “ tegas Sekda.

    Selain Sekda Bantul, narasumber yang memberikan materi yaitu Assisten III Kabupaten Bantul Drs. Mardi dengan materi Potensi dan Peluang Investasi di Kabupaten Bantul, Kepala Dinas Perijinan Kabupaten Bantul Dra. Sri Ediastuti, MSc dengan materi Peningkatan Kemampuan Pegawai Dalam Pelayanan Perijinan, dan Heridandi dari Kadin DIY yang memberikan materi Investasi, Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Daerah. Selain itu, Drs. Dambung Lamuara Djaja sebagai Konsultan Penyusunan RTRW Kabupaten Bantul memberikan materi Pemanfaatan Ruang dalam Mendukung Perkembangan Dunia Usaha di Kabupaten Bantul, dan Tirtana Brachnata, SE, MM dari PT Central Gama memberikan materi tentang Teknik dan Metode Pelayanan Prima.

   Hari kedua pelaksanaan Bimtek diisi dengan Outbond yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kerjasama, komunikasi, dan koordinasi. Seluruh peserta tampak bersemangat dan antusias mengikuti berbagai kegiatan dalam outbond yang dilaksanakan di Desa Wisata Kelor, Pakem, Sleman tersebut hingga selesai.

 




Komentar Pengunjung