30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.023.640

Penyuluhan Pencegahan Kanker dari Yayasan Peduli Kanker Indonesia


Penulis : Admin     Senin,21 April 2014

     Dalam rangka kepedulian terhadap semakin meningkatnya jumlah penderita kanker di Indonesia, Yayasan Peduli Kanker Indonesia (YPKI) Cabang Yogyakarta mengunjungi Dinas Perijinan Kabupaten Bantul untuk memberikan penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan kanker. Kegiatan yang ditujukan untuk seluruh karyawan/karyawati Dinas Perijinan Kabupaten Bantul tersebut dilaksankan pada Kamis (17/04/2014) bertempat di Ruang Rapat Dinas Perijinan Kabupaten Bantul.

Suasana saat penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan kanker 

 

     Hadir sebagai narasumber yaitu Ibu Indrayani menjelaskan beberapa gejala umum dan khusus dari penyakit kanker, seperti kanker usus, payudara, paru-paru, rahim, dan kulit. Selain itu, narasumber juga menjelaskan tentang faktor-faktor penyebab kanker seperti genetik (keturunan), lingkungan (polusi, asap rokok, radiasi), dan makanan (pengawet, penyedap, pewarna).

   Adapun upaya untuk pencegahan kanker diantaranya yaitu mengurangi zat karosinogen (penyebab kanker), memperbanyak mengkonsumsi zat antioksidan yang terdiri dari sayur mayur seperti brokoli, sawi hijau, pare, tomat, wortel; buah-buahan seperti apel hijau, pepaya muda, pear, dan melon; serta lauk pauk seperti tempe, tahu, dan ikan laut segar. “Dari beraneka macam sayur dan buah-buahan yang kaya antioksidan, pare adalah sayuran yang memiliki antioksidan tertinggi”, terang Indrayani.

    Lebih lanjut dijelakan bahwa upaya pencegahan  yang tidak kalah penting adalah olahraga secara teratur dan mendapatkan vaksin anti kanker, baik melalui injeksi maupun berupa herbal yang diminum. Untuk itu, kesadaran untuk mencegah dan mendeteksi dini sangatlah penting dalam penanggulangan kanker. ”Jauh lebih mudah dan murah mencegah terjadinya kanker daripada mengobati,”pungkas Indrayani.

 




Komentar Pengunjung