Koordinasi Tim MPP Bantul untuk pelayanan yang lebih baik

Sejak diresmikan pada 23 September 2023, sudah 2 tahun Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bantul berjalan dan bekerjasama dengan sejumlah OPD serta penyelenggara layanan publik lainnya. Kepala DPMPTSP Bantul, menyampaikan pada Oktober 2025, sudah 3000 lebih pengunjung layanan di MPP Bantul, dengan pengunjung terbanyak adalah di Unit Layanan Paspor - Imigrasi, kemudian kedua di DPMPTSP. Selain kegiatan pelayanan, petugas MPP juga telah mengikuti peningkatan kapasitas SDM dengan studi banding ke MPP Kabupaten Karanganyar.

Pada acara Rapat Koordinasi Tim Operasionalisasi MPP yang diadakan pada 7 November 2025 lalu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharja, SKM, M.Kes. memberikan arahan penting bagi seluruh Tim MPP untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang profesional dan berintegritas. Dalam arahannya, beliau mengingatkan bahwa setiap aparatur perlu menanamkan nilai-nilai SATRIYA — watak ksatria yang memegang teguh moral, semangat gotong royong, percaya diri dengan rendah hati, dan penuh tanggung jawab.

Dipaparkan pula SK Bupati Nomor 180 Tahun 2025 Tentang Kode Etik Pelayanan Petugas Gerai pada Mal Pelayanan Publik oleh Penata Perizinan Ahli Muda, Leny Yuliani, SS., M.AP. antara lain mengenai norma dasar, budaya kerja dan SATRIYA, etika pelayanan. Adapun jika terjadi pelanggaran kode etik maka akan diserahkan kepada masing-masing instansi pengampu layanan.
~pm