Sedang Memuat Halaman ...

30 April 2022 - Telp.0274 367867/email: izin.online@bantulkab.go.id/ WA:0813 2884 8393 /WA OSS pusat : 0811 6774 642 . /
TOTAL PENGUNJUNG : 2.718.866

Rapat Tinjauan Manajemen Dinas Perijinan Kab. Bantul


Penulis : Admin     Rabu,11 Februari 2015

    Pada hari Selasa tanggal 10 Februari 2015 bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Perijinan Kabupaten Bantul dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan standar manajemen mutu ISO 9001:2008 yang akan diaudit secara eksternal pada 25 Februari mendatang. Pertemuan dipimpin oleh Kepala Dinas Perijinan yaitu Dra. Sri Ediastuti, M.Sc dengan dihadiri perwakilan dari Gama Solution selaku pendamping ISO 9001:2008, serta seluruh karyawan/ karyawati Dinas Perijinan Kab. Bantul. Dalam sambutannya Kepala Dinas Perijinan menyampaikan bahwa apa yang akan dipaparkan pada kali ini merupakan hasil audit internal yang telah dilaksanakan.

Gbr : Suasana Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

    Acara dilanjutkan dengan paparan dari koordinator tim audit. Hasil audit internal menunjukkan beberapa hal yang masih perlu dilakukan perbaikan, antara lain kedisiplinan pegawai, sarana dan prasarana kantor serta penggunaan atribut pegawai. Sementara itu, tim Survai melaporkan hasil survai yang dilaksanakan pada bulan Desember 2014 dan Januari 2015. Adapun survai yang dilaksanakan ada 3 (tiga) jenis, yaitu Survai Harian, Survai Indeks Kepuasan Masyarakat dan Survai 5 Dimensi. Survai ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data in depth interview dan  kuesioner.  Unit/sasaran survei adalah masyarakat pemohon ijin/pengguna layanan dinas perijinan, baik yang sedang  mengurus perijinan maupun yang sudah mendapatkan layanan perijinan. Substansi  penelitian dibatasi pada  aspek tanggapan, persepsi, harapan pemohon ijin/ masyaratakat terhadap keberadaan dan pelayanan di Dinas Perijinan. Hasil survai dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1.    Mutu pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perijinan Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori “BAIK”.
2.    Kinerja pelayanan pada Dinas Perijinan Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori “BAIK”.
3.  Hasil survei memberikan informasi bahwa pelayanan Dinas Perijinan Kabupaten Bantul secara umum “baik”, namun secara keseluruhan perlu untuk ditingkatkan guna meningkatkan mutu pelayanan maupun kinerja pelayanan.

Paparan dilanjutkan dengan evaluasi  sasaran mutu yang telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2014.  Hasil evaluasi sasaran mutu adalah sebagai berikut :

NO

SASARAN MUTU

TARGET

 CAPAIAN

1.

Kepuasan Pelanggan

75%

77,6%

2.

SKP Terealisir secara optimal

80%

97%

3.

Pertanggungjawaban anggaran tepat waktu

80%

96,01%

4.

Pemohon data terlayani dengan optimal

80%

80%

5.

Tertib administrasi penerimaan berkas permohonan izin

75%

78,5%

6.

Tertib penjadwalan survey lokasi

90%

99,3%

7.

Tersosialisasikannya ketentuan perizinan dan perubahan peraturan perizinan yang berlaku

80%

67%

8.

Aplikasi dalam SIM Perizinan yang implementatif dalam rangka menciptakan pelayanan Perizinan kepada publik yang cepat transparan dan tepat waktu

80%

50%

9.

Terverifikasinya pemohon izin

90%

98,04%

10.

Akurasi hasil entry data berkas permohonan izin

90%

83%

11.

Akurasi penetapan izin

90%

98,61%

12.

Pengaduan tepat sasaran

90%

40%

13.

Mengoptimalkan Pengawasan produk izin

90%

83%

14.

Mengoptimalkan penerapan SOP pelayanan perizinan

90%

65%

    Dari paparan yang disampaikan ada beberapa tanggapan mengenai hasil audit. Antara lain ibu Kepala Dinas Perijinan Bantul yang menyampaikan beberapa kebijakan untuk meningkatkan ketertiban dan kinerja Dinas Perijinan Kabupaten Bantul. Sementara itu, Ibu Nuriyati dari Gama Solution juga menegaskan bahwa kegiatan evaluasi perlu dilaksanakan secara berkala, dibuat laporan tindak lanjut sebagai hasil evaluaisi, dan petugas audit internal hanya melakukan identifikasi masalah yang kemudian disampaikan dalam Rapat Tinjauan Manajemen(RTM).





Komentar Pengunjung