FASILITAS DAN KEMUDAHAN BERINVESTASI
DI KABUPATEN BANTUL

 

PERIZINAN BANTUL

Pelayanan perizinan dilayani oleh Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu, pelayanan perizinan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus perizinan dengan mudah, murah, cepat atau tepat waktu, bersih, dan akurat. Upaya peningkatan pelayanan perizinan dilaksanakan dengan menerapkan prinsip pelayananan masyarakat, penetapan SOP, sistem izin parallel, dan transparansi. Dari 98 macam izin yang ada di Kabupaten Bantul, hanya 5 izin yang masih dipungut retribusi yaitu : Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Trayek, Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol, dan Izin Usaha Perikanan.

PERKEMBANGAN PMA DAN PMDN

Perkembangan penanaman modal perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) berdasarkan Surat Persetujuan, Izin Prinsip, dan Izin Usaha dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu DIY dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Bantul. Sampai dengan tahun 2015 jumlah PMA sebanyak 50 perusahaan dengan realisasi investasi mencapai US$. 29.900.043,47 dan Rp. 42.169.759,00 sedangkan jumlah PMDN sebanyak 98 perusahaan dengan nilai investasi mencapai Rp. 557.333.697.000,94. Sebagian besar PMA dan PMDN bergerak di bidang industri yang diikuti oleh bidang perdagangan.

 

 

SARANA DAN PRASARANA

TRANSPORTASI

PESAWAT UDARA

Letak Bandara Internasional Adisucipto sangat berdekatan dengan Kabupaten Bantul, karena bagian selatan komplek bandara masuk wilayah Kabupaten Bantul. Bandara Internasional Adisucipto melayani penerbangan yang menghubungkan antar kota-kota besar di Indonesia maupun dengan tujuan ke beberapa negara.

JALAN DARAT

Jaringan jalan di wilayah kabupaten Bantul sepanjang 1.079,36 Km yang terdiri dari:

  • Jalan Negara : 65,25 Km
  • Jalan Provinsi : 122,98 Km
  • Jalan Kabupaten : 871,13 Km

Rencana pembuatan Jaringan Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang menghubungkan daerah di bagian selatan pulau Jawa yang melewati Kabupaten Bantul meliputi Kecamatan Srandakan, Kecamatan Sanden, dan Kecamatan Kretek dengan panjang total 12,1 Km akan semakin menambah aksesabilitas sistem jalan yang sudah ada. Keberadaan inland port di Desa Argosari Kecamatan Sedayu pengoperasiannya sedang dalam proses perizinan, inland port ini bertujuan untuk menurunkan biaya produksi dengan cara memperpendek dan efisiensi proses transaksi perdagangan internasional (ekspor dan impor).

KERETA API

Pelayanan dengan modal transportasi kereta api dilayani di stasiun Tugu maupun stasiun Lempuyangan di Kota Yogyakarta. Wilayah Kabupaten Bantul yang dilewati kereta api adalah Kecamatan Sedayu.

KESEHATAN

Pelayanan kesehatan di Kabupaten Bantul dilayani oleh instansi pemerintahan maupun pihak swasta.

NO SARANA DAN PRASARANA JUMLAH (unit)
1 Rumah Sakit Umum (RSU) Pemerintah 2
2 Rumah Sakit Umum (RSU) Swasta 14
3 Rumah Sakit Bersalin 14
4 Balai Pengobatan Swasta 57
Sumber: Informasi Pembangunan Daerah Kab. Bantul 2015
 
NO TENAGA KESEHATAN JUMLAH (orang)
1 Tenaga Medis  
  a. Dokter Spesialis 23
  b. Dokter Umum 104
  c. Dokter Gigi 46
2 Tenaga non medis 758
Sumber: Informasi Pembangunan Daerah Kab. Bantul 2015

JARINGAN AIR BERSIH

Pelayanan kebutuhan air berish dilayani oleh PDAM yang melayani sebanyak 19.546 pelanggan dengan volume air minum yang disalurkan mencapai 3.412.848 M3. Namun untuk daerah yang belum terjangkau jaringan PDAM dan daerah rawan kekeringan telah dibangun Hidran Umum (HU) dan pembangunan Sistem Instalasi Perpipaan Air Sederhana (SIPAS).

PERDAGANGAN

Sarana perdagangan yang dimaksud terdiri dari Pasar Kabupaten, Pasar Seni, Pasar Desa, Pasar Hewan, Toko dan Kios.

NO SARANA DAN PRASARANA JUMLAH (unit)
1 Pasar Kabupaten 29
2 Pasar Seni 1
3 Pasar Desa 34
Sumber: Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi 2015

PERBANKAN

Kantor Cabang Bank BUMN maupun Swasta Nasional yang ada di Kabupaten Bantul : BCA, BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, Bank Danamon, BPD DIY, dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

NO SARANA DAN PRASARANA JUMLAH (unit)
1 Kantor Pusat BPR 17
2 Kantor Cabang Bank Umum 4
3 Kantor Cabang Pembantu 25
4 Kantor Kas 48
Sumber: Informasi Pembangunan Daerah Kabupaten Bantul tahun 2015

PENDIDIKAN

Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui jalur pendidikan formal maupun informal menjadi tujuan utama pemerintah Kabupaten Bantul. Hal ini bisa dibuktikan dengan prestasi yang ditorehkan pelajar Kabupaten Bantul di tingkat provinsi maupun nasional. Prestasi ini tidak bisa lepas dari peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Selain itu didukung oleh sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Bantul antara lain adalahah Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Univeristas Mercu Buana, Universitas PGRI, STMIK AKAKOM, STIKES Surya Global, Akademi Teknologi Kulit, dan lain-lain.

NO SARANA DAN PRASARANA JUMLAH (unit)
1 Taman Kanak-kanak 541
2 Sekolah Dasar 360
3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) 87
4 Sekolah Menengah Umum (SMU) 35
5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 49
Sumber: Informasi Pembangunan Daerah Kab. Bantul 2015

JARINGAN LISTRIK DAN TELEPON

Penyediaan tenaga listrik dilayani oleh PLN yang melayani 258.982 unit pelanggan dengan daya terpasang sebesar 252.794.120 VA dan jumlah energi terjual sebesar 433.933.716 KWH. Sebagai pengembangan jaringan listrik dilakukan dinovasi dalam mencari alternatif sumber energi selain dari PLN yaitu melalui energi angin, bio energi, energi surya, dan mikro hidro. Jaringan telepon dilayani oleh PT. Telkom.